Kamis, 29 Maret 2012

Pisang dan Kulitnya Ada Apa?


Daging buah pisang memang lezat dan bergizi tinggi. Namun selain dagingnya, kulit pisang ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan. Kabar terbaru tentang manfaat buah pisang ini datang dari peneliti Taiwan yang mengatakan bahwa ekstrak kulit pisang ternyata berpotensi mengurangi gejala depresi dan menjaga kesehatan retina mata.

Berdasarkan penelitian para peneliti dari Universitas Kedokteran Taichung Chung Shan, Taiwan, diketahui bahwa selain kaya akan vitamin B6, kulit pisang juga ternyata banyak mengandung serotonin yang sangat vital untuk menyeimbangkan mood. Selain itu ditemukan pula manfaat ekstrak pisang untuk menjaga retina dari kerusakan cahaya akibat regenerasi retina.
Dalam studi klinis yang dilakukan, para peneliti membandingkan efek ekstrak kulit pisang bagi retina mata pada dua kelompok. Pertama adalah kelompok kontrol dan kelompok kedua adalah responden yang diberi ekstrak kulit pisang dan mereka dipapari cahaya selama enam jam dalam dua hari. Hasilnya, mereka yang tidak mendapat ekstrak kulit pisang sel retinanya menjadi mati, sedangkan kelompok lainnya retinanya tidak mengalami kerusakan.
Sementara itu untuk mengatasi depresi, para peneliti menyarankan untuk meminum air rebusan kulit pisang atau membuatnya dalam bentuk jus segar selama beberapa kali dalam seminggu.
Meski belum ada penjelasan ilmiahnya, para ahli meyakini rendahnya kadar serotonin di dalam otak akan menyebabkan timbulnya depresi. Serotonin yang cukup akan membuat seseorang tenang dan rileks.  Selanjutnya para peneliti berencana untuk melakukan pengujian pada manusia. Kita tunggu saja hasilnya, jika memang terbukti aman dan menunjukkan hasil positif pada manusia, maka bersiaplah untuk menyimpan kulit pisang agar bisa dipakai sebagai obat.

Tidak Sampai siji aja, selain untuk obat juga bisa untuk kecantikan
 * Melembabkan Kulit kering
Ambil buah pisang ambon secukupnya, giling  sampai halus. Tambahkan dua sendok makan minyak zaitun,  oleskan secara merata pada muka yang sebelumnya sudah dibersihkan. Biarkan mengering kira2 20 menitan.  Cuci dengan air bersih. Lakukan setiap hari.  Hal saya lakukan, lumayan terasa kasiatnya.
* Menghilangkan bekas jerawat ataupun bekas cacar air.
Ambil bagian dalam kulit pisang emas, gosokan pada muka, biarkan sesaat sampai kering kemudian cuci dengan air.  Lakukan sampai bekas jerawat menghilang.  Kulit wajah akan menjadi halus dan kencang.
* Menghaluskan kulit tangan dan kaki
Gosok kulit pisang mas bagian dalam pada tangan dan kaki yang kasar/pecah-pecah. Lakukan setiap hari.
* Penyubur rambut
Jemur kulit pisang mas lima buah sampai kering lalu tumbuk hingga menjadi serbuk. Tambahkan satu butir telur ayam yang diambil kuningnya dan satu cangkir air bersih, aduk merata. Oleskan pada rambut.
* Luka baru
Ambil secukupnya hati batang pisang klutuk yang berbentuk lilin besar. Cuci lalu tumbuk sampai lumat. Tempelkan pada luka dan balut. Ganti dua kali sehari.
* Penghitam dan pencegah rambut rontok Ambil bonggol pisang yang baru ditebang secukupnya, cincang dan parut. Peras lalu ambil airnya. Bubuhkan pada rambut dan kulit kepala sambil dipijat. Lakukan setiap pagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar